Sunday 30 January 2011

EI to the ES to the I to the PI a.k.a ASEP!!!


macana ulah kawas jelema sunda enya, eta teh anu aing maksud lain si Asep tapi Haseup
(hahahaha apaan tuh?)

udah banyak banget kisah nyata atau fakta yang nyeritain tentang benda ajaib penghasil penyakit bernama ROKOK. dalam waktu 1 detik kita bisa browser di internet tentang rokok. dan pasti mbo google nyediain berbagai macam cerita tentang si rokok. dari mulai kaya raya sampai mati sengsara karena si rokok.
emang sih sekarang udah ada pergub DKI Jakarta No.88 taun 2010 yang ngelarang orang buat ngerokok di tempat umum termasuk di dalem gedung.
ga cuma itu, MUI juga sempet ngeluarin fatwa yang isinya ngerokok itu hukumnya haram.
yes, it's always about the evils of cigarette. but, exactly rokok ga cuma punya keburukan kok, Tuhan nyiptain sesuatu pasti dengan keburukan juga kebaikan.
mungkin iya karena alasan penyakit lah rokok masih jadi pertentangan buat tetep ada di Indonesia
ga usah jauh-jauh toh dibelakang kemasan rokok juga udah ada tulisan:
"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin"
padahal produsen rokok juga udah ngingetin tentang penyakit yang bakal nyerang si perokok
tapi namanya juga Indonesia ya hahahahaha

TAPI. . .
dibalik itu semua si rokok ini juga ngedatengin rejeki nomplok buat rakyat yang ada di tangga paling atas sampe tangga paling bawah
dari mulai petani, tukang pupuk, yang punya pabrik pupuk, yang ngerakit rokok, yang punya pabrik rokok, wece-wece cantik ber-rok super mini dan stoking SPG rokok, tukang rokok di stasiun, tukang rokok di lampu mere, tukang rokok di warung, sampe tukang rokok di Seven Eleven juga kena untungnye. . . hahaha

YEP. . .
lagi-lagi soal materi yang ngebuat semua orang bisa lupa plus sengaja melupakan keburukan si rokok itu tadi.
ada 1 pihak yang mati-matian (untungnye ga sampe mati beneran) nolak rokok karena alasan kesehatan
dan ada 1 pihak yang setengah gila (untungnye juga ga gila sungguhan) memperjuangkan rokok agar tetep ada hanya karena alasan MATERI a.k.a MONEY!
gue punya notebook (beneran catetan) yang ada tulisannya
"6 juta petani dan buruh tani Tembakau terancam nasibnya!"
tapi kalo kata WHO
"every 6 minutes, one person dead because of Cigarette!"
serem yeeeeee

oh iye ngomongin soal kematian baru-baru ini gue liat di twitter ada orang yang meninggal karena punya penyakit yang namanya Bronchopneumonia Duplex yang kalo kata orang sini itu penyakit paru-paru akibat dari terlalu sering menghisap ASAP rokok (bukan rokoknya loh) atau yang lebih sering disebut sebagai perokok pasif.
serem ye kalo begitu. datanya sih cuma 25% dari perokok aktif yang kena dampak buruk dari rokok dan sisanya yang 75% akan berdampak sama perokok pasif. gileeee bener kalo kata Swedish National Board of Health and Welfare dan Bloomberg Philanthropies 600.000 perokok pasif meninggal setiap tahunnya. WAW AMAJINGjot.

JADI. . .
gue punya pesen nih buat lo lo semua yang suka ngasepin temennya
"Asep yang lo keluarin bisa bikin mati temen lo sendiri!"
itu aje deh dan kalo solusi menurut gue sih mendingan pemerintah naikin lebih tinggi lagi pajak buat rokok jadinya kan harga rokok makin mahal nih jadi orang-orang susah dah buat beli rokok
mudah-mudahan aje deh penduduk Indonesia umunya orang-orang di seluruh dunia mati bukan gara-gara sebatang kertas berisi tembakau seharga kurang dari Rp 1.000,00 amiiiiiin.
yah minimal kalo mau meninggal rada mahalan dikit dah (hahaha bercandaaaaa :D)

No comments:

Post a Comment